Bakrie Transfer US$ 246,8 Juta ke Newmont

|

Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan anak usaha grup Bakrie, Multicapital telah mentransfer dana US$ 246,82 juta ke rekening milik PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) untuk pembayaran 7 persen saham jatah divestasi tahun 2008, Jumat (11/12/2009) sore.

"Kami sudah mentransfer dana sebesar US$ 246,8 juta untuk pembayaran 7 persen saham Newmont tadi sore," kata Andy Hadianto, Direktur Utama PT Daerah Maju Bersaing (DMB) pada detikFinance melalui sambungan telepon Jumat malam.

DMB adalah perusahaan daerah bentukan tiga pemda di NTB. DMB bersama Multicapital telah membentuk perusahaan patungan PT Multi Daerah Bersaing (MDB) untuk mengeksekusi pembelian saham Newmont. Multicapital merupakan anak usaha dari Bakrie Capital dan PT Bumi Resources Tbk.

Menurut Andy, dana dikirim ke rekening pemegang saham asing PT NNT, yaitu Newmont Indonesia Limited (NIL) dan Nusa Tenggara Mining Corp (NTMC).

Transfer dana dilakukan dari Bank Mandiri Cabang Singapura ke Citibank Cabang New York dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation di Jepang.

"Penjelasan yang kami terima dari pihak perbankan, diperkirakan dana tersebut diterima oleh NIL dan NTMC pukul 20.00 WIB malam ini," kata Andy.

Begitu dana telah diterima, malam ini juga, akan digelar serah terima saham dari Newmont ke manajemen MDB di Menara Rajawali Jakarta, tempat Newmont berkantor.

Tadi sore saat proses transfer pembayaran dilakukan, turut hadir manajemen Multicapital, jajaran manajemen PT MDB dan PT DMB. Dari pihak Newmont diwakili Presiden Direktur Newmont Pacific Nusantara, Martiono Hadianto.

Dengan pembayaran 7 persen saham ini, maka MDB kini resmi memiliki 17 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara. Tujuh persen saham Newmont yang dilepas tahun 2009 akan menyusul dibayar.

Sesuai dengan Surat Perjanjian Jual Beli atau Sales Purchase Agreement yang diteken MDB dengan Newmont 23 November lalu, 7 persen saham tahun 2009 itu akan dibayar setelah Newmont melakukan Rapat Umum Pemegang Saham.

(dnl/dnl)

Related Post



0 komentar: